Tangerang (ANTARA News) - Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla meminta Kementerian Perindustrian agar mempercepat upaya mengkaji regulasi standar emisi bahan bakar kendaraan bermotor Euro 4, saat membuka pameran Gaikindo ke-24 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis.

"Saya kemarin sempat meminta kepada Kemenperin agar mengkaji bagaimana mobil dengan standar emisi Euro 4 agar segera diterapkan di Indonesia, agar menjadi bagian dari manufaktur otomotif serta meningkatkan ekspor," kata Kalla.

Pasalnya, menurut Kalla pemerintah sebagai regulator harus terus dinamis dalam melakukan berbagai pengkajian untuk mendorong tumbuh kembang industri otomotif.

Dengan mendorong penerapan Euro 4 di Indonesia, Kalla meyakini hal itu praktis akan meningkatkan daya saing industri otomotif terutama di pasar ekspor, mengingat tren kendaraan rendah emisi menjadi pilihan banyak negara.

"Ekspor mobil Indonesia berkembang, walaupun belum mencapai setara Thailand, tetapi kita harus mulai berpikir seperti itu, memperhatikan banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbesar pasar domestik maupun ekspor, dengan meningkatkan daya saing," katanya.

"Di banyak kota di dunia, pertimbangan mobil berkaitan dengan environment," ujarnya menambahkan.

Kalla mencatat setidaknya tiga hal identik dari industri otomotif di dunia, yakni pertama pada teknologi sehingga "tanpa teknologi yang besar dan kuat kita akan ketinggalan jauh."

Kedua mobil adalah bagian dari fesyen sehingga pengembangan warna dan model harus memperhatikan serta menjadi fesyen.

Ketiga, hampir semua kota besar di dunia menghadapi masalah kemacetan, sehingga terjadi pergeseran kecenderungan pilihan mobil ringkas menjadi yang utama dan dicari masyarakat.

Selain Wapres, pembukaan pameran Gaikindo yang berlangsung 11-21 Agustus 2016 itu dihadiri pula oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Banten Rano Karno dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016