Solo (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta siap memberangkatkan dan memulangkan calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, sebanyak 26.561 orang ke Tanah Suci, mulai tanggal 9 Agustus hingga 15 Oktober mendatang.

"Sebanyak 26.561 calhaj Embarkasi Surakarta akan terbagi menjadi 74 kelompok terbang dengan dua gelombang ke Tanah Suci," kata Ketua PPIH Embakasi Surakarta, Syaifuddin Zuhri di sela pemberangkatan Calhaj Kloter pertama asal Tegal di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa.

Syaifuddin Zuhri mengatakan dari 26.651 calhaj tersebut terdiri dari 26.191 calhaj, 370 petugas kloter, 173 petugas daerah atau Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) provinsi dan kabupaten/kota yang terdiri dari 74 Kloter.

Jumlah calhaj kuota itu, terdiri dari 23.171 calhaj asal Jateng dan 2.474 calhaj DIY.

Menurut dia, PPIH Embakarsi Surakarta telah memberangkatkan calhaj kloter pertama asal Tegal sebanyak 354 jamaah ke Tanah Suci, melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada pukul 16.45 WIB.

Jumlah jamaah kloter pertama itu, terdiri dari 341 calhaj, delapan petugas TPHD provinsi dan daerah, dan lima petugas kloter, sehingga totalnya 354 jamaah.

Rombongan calhaj kloter dua juga asal tegal rencana akan diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Selasa ini, sekitar pukul 18.25 WIB.

Syaifuddin mengatakan jumlah kuota calhaj Embarkasi Surakarta yang terbagi dua gelombang yakni pertama kloter satu hingga 34 rute perjalan menuju Medinah-Mekah-Bandara King Abdul Aziz Jedah ke Debarkasi Surakarta (Tanah Air).

Menurut dia, calhaj gelombang kloter 35 hingga 74 akan menempuh rute perjalanan Embarkasi-Jedah-Mekah-Medinah- Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Medinah menuju Tanah Air Debarkasi Surakarta.

Syaifuddin berharap dukungan dan doa restu semua pihak agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini, diberikan kemudahan, kelancaran, serta kenyamanan, sehingga calhaj dapat menjalankan ibadah sesuai dengan ketentuan dan menjadi Haji yang mabrur.

"Kami untuk mengetahui perkembangan operasional Embarkasi Surakarta selalu melaksanakan rapat koordinasi pada setiap hari Kamis. Hal ini, untuk melakukan evaluasi kegiatan selanjutnya," katanya.

Sementara PPIH Embarkasi Surakarta pada Rabu(10/8), rencana memberangkatkan calhaj sebanyak dua kloter tiga asal Kabupaten Batang dan empat Kabupaten Pekalongan.

Calhaj kloter tiga rencana diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo, sekitar pukul 19.25 WIB dan disusul kloter empat pukul 22.20 WIB menuju Tanah Suci Arab Saudi, pesawat akan transit terlebih dahulu di bandara di Padang.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016