Jakarta (ANTARA News) - Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan menegaskan partainya akan tetap menjadi penentu nama calon gubernur DKI Jakarta sekalipun berkoalisi dengan partai lain.

"Dengan mendasarkan pada fakta di mana kami merupakan partai pemenang Pemilu serta telah mengerucutkan kandidat menjadi enam nama calon gubernur DKI Jakarta, tentunya sekalipun berkoalisi kami tetap dalam posisi menentukan calon gubernur," ujar Arteria di Jakarta, Senin.

Arteria mengungkapkan banyak pihak menginginkan berkoalisi dengan PDIP, namun sejauh ini partainya masih menjajaki tawaran koalisi dari partai lain dan tengah mencermati dengan penuh kehati-hatian.

Menurut anggota Komisi II DPR itu, dalam koalisi yang tercipta PDIP harus menjadi pihak penentu calon gubernur agar sesuai dengan kepatutan politik selaku partai pemenang Pemilu, serta guna memudahkan penjelasan ke tingkatan struktur partai yang akan menjadi mesin pemenangan.

Mengenai calon yang bakal diusung, Arteria mengatakan PDIP akan memberikan kejutan, namun akan selalu mendengarkan aspirasi rakyat Jakarta dalam mengusung calon.

Dia mengatakan calon yang diusung PDIP harus merepresentasikan PDIP selaku partai wong cilik dan partai ideologis.

Politisi Gerindra Bambang Riyanto pernah menyatakan Gerindra akan membangun kekuatan baru dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 dengan berkoalisi bersama PDIP dan PKS.

Gerindra telah menunjuk kadernya Sandiaga Uno menjadi calon gubernur DKI Jakarta, namun tidak memasalahkan andaikan Sandiaga menjadi calon wakil gubernur jika berkoalisi dengan PDIP.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016