Jakarta (ANTARA News) - Toyota memperkuat jaringan penjualan dan purnajual di kawasan Jawa Timur melalui peresmian Outlet Auto 2000 Manyar Gresik.

Outlet berfasilitas lengkap penjualan, bengkel dan spareparts, (VSP), merupakan outlet resmi ke-288 yang dimiliki Toyota di 34 provinsi di Tanah Air.

Khusus di wilayah Gresik, outlet ini adalah yang kedua dimiliki Toyota setelah Arina Motor yang berdiri pada 2002.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangan tertulisnya, Minggu, menyebutkan Gresik dipilih sebagai lokasi perluasan jaringan karena mempunyai potensi cukup besar dari sisi ekonomi.

"Selain melihat potensi ekonomi wilayah Gresik yang cukup baik, tujuan utama kehadiran Outlet Auto 2000 Manyar Gresik adalah untuk lebih dekat dan siap melayani kebutuhan pelanggan setia Toyota di wilayah Jawa Timur, khususnya masyarakat Gresik," katanya.

Auto 2000 Manyar Gresik diharapkan Henry juga dapat berandil positif dalam pengembangan dan pertumbuhan aktivitas roda perekonomian Jawa Timur melalui transaksi ekonomi, penyerapan tenaga kerja, maupun pajak daerah yang akan berkontribusi positif bagi pendapatan daerah.

Penjualan Toyota di Gresik

Sepanjang semester satu 2016, penjualan Toyota secara nasional mencapai 187.438 unit atau naik 11,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat, pangsa pasar Toyota per semester I lalu di posisi 35,4% dibandingkan semester pertama 2015 sebesar 31,8%.

Hal ini juga turut didukung penjualan Toyota di Jawa Timur dan kabupaten Gresik dengan perolehan market share 30,6% untuk Jawa Timur dan 29% untuk Kebupaten Gresik.

Toyota optimistis penambahan titik jaringan layanan outlet resmi di Gresik mampu membantu Toyota mendapatkan peluang tersebut, dan memberikan kesempatan dan kemudahan bagi pelanggan mengakses produk, teknologi dan servis.

"Melalui semangat Beyond Service, kami senantiasa memaksimalkan upaya dalam mengembangkan berbagai fasilitas yang ada di setiap cabang Toyota. Fasilitas yang lengkap di outlet ini ditujukan untuk membangun kesan tersendiri bagi pelanggan saat berkunjung ke outlet Toyota," kata Henry.

Auto 2000 Manyar Gresik dibangun di atas lahan seluas 10.351 meter persegi dan bangunan seluas 3.193 meter persegi. Outlet ini diharapkan dapat membuat nyaman para pelanggan dalam proses negosiasi atau saat menunggu servis kendaraan dengan fasilitas yang sesuai standar Toyota.

Outlet ini hadir dengan 27 tenaga salesman dan 20 teknisi ditargetkan membukukan penjualan 150 unit per bulan. Outlet ini mampu melayani 67 unit per hari untuk pengerjaan perbaikan umum.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016