Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta, meminta Pemerintah Daerah fokus mengenalkan potensi daerahnya ke masyarakat luas.

"Pemerintah daerah harus fokus memperkenalkan yang unik dan khas dari daerahnya.  Fokus itu kuncinya," ujar dia saat menghadiri  acara seremoni pembukaan Pameran Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya Kabupaten Landak provinsi Kalimantan Barat di Jakarta, Jumat.  

Pemerintah daerah harus mampu mengupayakan cara-cara pemasaran yang bagus agar wisatawan mau datang dan mengenal potensi wisata di wilayah itu.

"Saya berpesan agar terus lakukan upaya marketing yang bagus dan massif agar turis mengenal dan berkunjung," kata Oesman seperti dalam keterangan tertulis MPR.

Secara khusus, dia mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Landak mengenalkan potensi wisata daerahnya melalui penyelenggaraan pameran bertajuk 'Landak, Land of Dayak". Pameran ini menampilkan berbagai seni, budaya dan kerajinam asal Kabupaten Landak Kalimantan Barat.

"Ini adalah salah satu upaya pintar daerah dalam memajukan potensi wisata daerahnya," tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalbar Cornellis, Bupati Kab Landak Adrianus Asia Sidot, anggota Watimpres Sidarto Danusubroto, perwakilan Menteri Pariwisata dan ratusan masyarakat turut hadir.

Dalam sambutannya, Adrianus mengungkapkan bahwa pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata Kabupaten Landak yang sangat khas dan beragam.

"Potensi wisata Kabupaten Landak sangat kaya dan beragam juga kaya akan sejarah terutama kebudayaan suku Dayak Kanaytn berupa seni tari, pahat, naik dango, rumah Batang Saham dan masih banyak lagi," ujar dia.

Selain itu, Landak juga kaya akan wisata sumber daya alam seperti wisata air terjun, wisata flora dan fauna, serta batu intan merah muda yang sangat langka dan mahal.

Pameran wisata Kalimantan Barat berlangsung mulai hari ini hingga 31 Juli mendatang.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016