Jakarta (ANTARA News) - Agen pemegang merek Tata Motors di Indonesia, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), kembali memperluas jaringan layanan penjualan dan purna jual mereka dengan meresmikan diler trilayanan (penjualan, perawatan dan suku cadang) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Diler trilayanan ke-20 TMDI tersebut dioperasikan oleh rekanan TMDI di Makassar PT Celebes Prima Sejahtera, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Diler trilayanan Tata Makassar berada di Jl. AP. Pettarani Kav. E No. 12 di atas lahan seluas 1.850 meter persegi dengan luas ruang pamer 400 meter persegi dan area bengkel 400 meter persegi.

Dengan tambahan diler trilayanan CPS Makassar, kini secara keseluruhan TMDI memiliki jaringan 69 diler dwilayanan (perawatan dan suku cadang), enam diler penjualan dan 20 outlet ritel suku cadang di Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

"CPS adalah diler pertama Tata di Sulawesi. Kami memilih mereka sebagai rekanan berkat pengalamannya memasarkan kendaraan di Makassar dan kredibilitasnya yang teruji sangat baik di pemasaran otomotif di Sulawesi. Kami yakin CPS dapat memajukan merek dan pemasaran kendaraan Tata Motors di Sulawesi," kata Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta.

TMDI melihat Sulawesi secara umum dan Sulawesi Selatan pada khususnya sebagai pasar potensial, mengingat laju pertumbuhan ekonominya cukup tinggi.

Xenon XT D-Cab 2.2L 4x4 yang biasa digunakan untuk sektor pertambangan diyakini sebagai kendaraan niaga yang cocok untuk pasar Sulsel.

Untuk sektor perkebunan, perikanan dan hasil bumi, Tata memiliki Ultra, truk ringan yang akan diluncurkan pada ajang otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 pada Agustus mendatang.

Di segmen pikap kecil, Tata mengandalkan Ace EX2 700cc diesel yang cocok untuk angkutan perikanan, sementara Super Ace 1.400cc diesel yang selama tiga tahun kiprah TMDI di Indonesia berperan sebagai tulang punggung bakal menyasar segmen UKM dan angkutan hasil bumi serta transportasi angkutan bahan material properti.

"Di kuartal kedua tahun fiskal 2016 (Juli–September 2016) TMDI memfokuskan konsentrasinya kepada penjualan kendaraan kabin ganda berpenggerak 4x4 yakni Xenon XT Dcab 2.2L 4x4. Peresmian diler trilayanan Makassar sejalan dengan fokus kami, mengingat Makassar dan Sulawesi memiliki serapan cukup besar terhadap truk ringan dan kendaraan kabin ganda," kata Biswadev.

Selama enam bulan beroperasi menjadi distributor Tata di Makassar, CPS sukses mencatatkan penjualan wholesales 100 unit dan 70 unit ritel.

"Kami optimistis produk Tata yang tangguh dan berkualitas standar global dapat persaing di pasar otomotif Makassar," kata Direktur Utama CPS Jody Kosasih.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016