Kita harus bahu membahu, apalagi ada upaya mendistorsi kepercayaan publik kepada parpol."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa keputusan tepat bagi Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sudah benar langkah Golkar dan PAN mendukung pemerintah," kata Muhaimin dalam orasi politiknya pada peringatan Hari Lahir ke-18 PKB di Jakarta, Sabtu malam (23/7).

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua Umum PAN/Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Setya Novanto, Ketua DPR Ade Komarudin, Menkumham Yasonna Laoly, Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan.

Muhaimin menilai partai politik harus bahu membahu mengatasi persoalan yang menimpa bangsa ini, termasuk melalui kebijakan dan produk undang-undang, melalui wakil-wakilnya di eksekutif dan legislatif.

Partai politik, menurut dia, juga harus bekerja sama melahirkan kebijakan dan keputusan kenegaraan yang menyentuh kepentingan masyarakat.

Muhaimin mengemukakan, hal itu harus dilakukan demi menjaga kepercayaan rakyat kepada partai politik.

"Kita harus bahu membahu, apalagi ada upaya mendistorsi kepercayaan publik kepada parpol," katanya.

Sejauh ini, ia menilai, kerja sama di antara partai politik di parlemen sudah cukup baik. Lahirnya Undang Undang Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak dan kekompakan untuk melawan terorisme merupakan bukti sinergi itu telah berjalan.

Ia pun mengajak partai politik bersama-sama menciptakan sistem politik yang lebih baik, beradab, dan partisipatoris, serta menghilangkan politik berbiaya tinggi (high cost politic).

"Sekarang ini high cost politic di berbagai level, terutama pilkada. Perlu dipikirkan menyederhanakan pilkada," demikian Muhaimin.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016