Jakarta (ANTARA News) - Arus kendaraan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat yang menuju arah Jakarta terpantau ramai lancar dengan didominasi kendaraan pribadi berplat B.

"Pas mau masuk di Palimanan agak macet karena antrean, tapi begitu di dalam tol ramai lancar," tutur salah seorang pemudik yang melakukan arus balik, Saminah, saat dihubungi di Jakarta, Selasa malam.

Ia menuturkan, kondisi tersebut berbeda jauh dengan situasi Tol Cipali saat dirinya dan keluarga melakukan mudik ke Kebumen (Jawa Tengah) pada H+1 Lebaran.

Meskipun telah memasuki H+1 Lebaran, tuturnya melanjutkan, situasi arus kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Cirebon atau Jawa Tengah masih cukup padat.

"Kemarin agak kaget, ternyata tolnya masih ramai. Walaupun kendaraan tidak berhenti tapi kita melaju tidak bisa sekencang seperti sekarang," ujarnya memaparkan.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto, di Jakarta, Selasa, mengatakan arus balik yang melintasi Tol Cipali dari arah Cirebon ke Jakarta pada hari ini pukul 06.00 WIB sebanyak 59.410 kendaraan.

Angka ini lebih tinggi 2,5 persen dibanding volume pada hari sebelumnya yang tercatat sebesar 58.010 kendaraan per hari menurut keterangan pers yang diterima Antara.

Hudaya mengatakan selama arus mudik antara H-7 Lebaran yakni pada Rabu lalu (29/6) hingga hari kedua Lebaran pada Kamis (7/7) tercatat 394.400 kendaraan yang keluar di GT Palimanan menuju arah Jawa Tengah.

Sementara volume arus balik yang masuk di GT Palimanan menuju arah Jakarta sejak hari kedua Lebaran hingga H+4 Lebaran pada Senin (11/7) tercatat sekitar 252.700 kendaraan.

Dengan demikian diperkirakan sejauh ini baru sekitar 65 persen kendaraan mudik yang kembali. Sisa arus balik diperkirakan akan terbagi hingga akhir pekan ini.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016