Perluasan kepesertaan kepada Warga NU ini diperuntukkan bagi mereka pada sektor Bukan Penerima Upah (BPU), dan tidak tertutup kemungkinan bagi Penerima Upah (PU) bagi pengusaha di bawah naungan PBNU,"
Jakarta (ANTARA News)  - BPJS Ketenagakerjaan menandatangani Perjanjian kerja sama perluasan kepesertaan jaminan sosial untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) di seluruh Indonesia bersama Pengurus Besar NU.

Siaran pers BPJS Ketenagakerjaan yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan PKS Nomor: PER/128/062016 tentang Sinergi Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Warga NU itu ditandatangani E Ilyas Lubis, selaku Direktur Perluasan Kepesertaan dan HAL BPJS Ketenagakerjaan dengan Dr. Ir. H. A Helmy Faishal Zaini, selaku Sekretaris Jenderal PBNU.

Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai sinergi penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan memastikan pelaksanaannya optimal dalam hal kepesertaan dan perlindungan bagi Warga NU.

"Perluasan kepesertaan kepada Warga NU ini diperuntukkan bagi mereka pada sektor Bukan Penerima Upah (BPU), dan tidak tertutup kemungkinan bagi Penerima Upah (PU) bagi pengusaha di bawah naungan PBNU," ujar Ilyas.

"Jadi perlindungan menyeluruh bagi seluruh Warga NU bisa diwujudkan segera, dan mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan tenang," katanya.

Kerjasama yang terjalin antara BPJS Ketenagakerjaan dengan PBNU ini tidak hanya mencakup perlindungan bagi Warga NU, tetapi juga dalam hal kolektibilitas iuran. Kolekting iuran akan dibantu melalui PBNU untuk kemudian dibayarkan kepada Bank Kerjasama untuk pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami berikan akses pembayaran yang diharapkan memudahkan para peserta dari warga NU untuk membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya dengan melibatkan PBNU," ucap Ilyas.

PBNU juga akan memfasilitasi sarana sosialisasi dan edukasi kepada warganya agar mereka memperoleh informasi yang akurat dan jelas serta membantu untuk ikut serta dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan penandatanganan PKS ini dilakukan di Kantor Pusat PBNU dan diikuti oleh serangkaian kegiatan lainnya, termasuk buka puasa bersama dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan kepada Pengurus Pusat PBNU, para Pengurus Wilayah dan Cabang NU dan Lembaga dan Badan Otonom PBNU.

Pewarta: Erafzon SAS
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016