Jakarta (ANTARA News) - Desakan perombakan kabinet dilakukan kembali muncul dan kali ini disampaikan Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Engelina Pattiasina, di Jakarta, Senin. Dia mencontohkan soal Blok Masela di Maluku Selatan. 

Institusi itu mendesak perombakan kabinet karena ada menteri yang dinilai kurang sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo. 

Dia tidak secara eksplisit menyebut menteri-menteri yang dia nilai harus digusur dari Kabiten Kerja. Menurut Pattiasina, semestinya kebijakan yang sudah diputuskan Jokowi dilaksanakan dan diimplementasikan menteri terkait, bukan diulur-ulur dan seolah punya agenda lain.

"Menko dan jajaran menteri di bawahnya harus selaras. Jangan seolah bertentangan. Cari menteri yang benar-benar sejalan dengan Presiden Jokowi," katanya.

Dia mengatakan, di tingkat bawah --terkhusus masyarakat Maluku-- terasa ada kebijakan yang kurang sejalan antara keinginan Jokowi dengan menterinya. Bahkan untuk suatu kebijakan yang sudah diputuskan.

Di tingkat elit pemerintah kemudian melalui jaringannya di daerah mencoba membuat pernyataan yang mengadu-domba masyarakat. "Dibilang Blok Masela diperebutkan dua kabupaten. Ini sepertinya masyarakat Maluku mau diacak-acak, mau diadu domba lagi," katanya.

Pewarta: Muryono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016