Jakarta (ANTARA News) - DPR sudah menerima surat Presiden Joko Widodo tentang pengajuan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon Kepala Polri untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti dan akan segera menindaklanjutinya.

"DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo, meminta pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai satu-satunya calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," kata Ketua DPR Ade Komarudin di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan pada Kamis (16/6) pemimpin DPR akan mengadakan Rapat Pimpinan untuk membahas pencalonan Komjen Tito sebagai Kepala Polri dan kemudian akan membawanya ke Badan Musyawarah DPR agar dimasukkan dalam agenda pembahasan Rapat Paripurna.

"Setelah itu diproses di Komisi III DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," ujarnya.

Ade mengatakan dia sudah berkomunikasi dengan Ketua Komisi III DPR terkait pencalonan Tito sebagai Kepala Polri dan menyatakan kemungkinan uji kelayakannya bisa dilakukan pada 22 Juni 2016.

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan surat Presiden terkait calon Kapolri masih ada di Pimpinan DPR dan rencananya Kamis (16/6) dibawa ke Badan Musyawarah DPR dan segera dibacakan di Rapat Paripurna.

Setelah itu, menurut dia, Komisi III DPR akan membahasnya dalam rapat pleno untuk menentukan jadwal uji kelayakan dan kepatutan.

"Kita harapkan sebelum memasuki libur hari raya idul fitri sudah bisa kita selesaikan dan bisa ditetapkan dalam pengambilan keputusan di sidang paripurna 28 Juni 2016," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016