Jakarta (Antara) - Filipina berminat memasarkan produk ritel bermerek di Indonesia yang dianggap potensial khususnya bagi penjualan produk fashion dari negara tetangga tersebut.

Untuk mendukung rencana tersebut, Pusat Dagang dan Investasi Filipina (PTIC) di Jakarta menyelenggarakan pameran "Lifestyle Philippines" yang berlangsung sukses di Hotel Shangri-La, 10 Juni 2016, menurut keterangan dari Kedubes Filipina di Jakarta, Senin.

Pameran ini diharapkan dapat mempererat hubungan rakyat Filipina dan Indonesia, ujar Dubes Filipina untuk Indonesia Maria Lumen B. Isleta dalam sambutannya.

"Hal ini merupakan upaya untuk memperkenalkan berbagai produk dan jasa Filipina, dan yang kemungkinan akan banyak diminati begitu konsumen Indonesia mengenal produk tersebut dengan cukup baik," Dubes Isleta mengatakan.

"Lifestyle Philippines" bertujuan untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk buatan Filipina, menurut Alma Argayoso, perwakilan dagang Filipina di Jakarta.

Pameran tersebut dimeriahkan dengan peragaan busana yang menampilkan rancangan merek-merek ikonik seperti Karimadon, Rusty Lopez, Plains and Prints, and Cruzzini Barong Tagalog.

Busana khas Filipina Barong dengan disain Batik sehingga tampil lebih anggun, juga dipamerkan dalam acara tersebut.

Selain pakaian, pameran tersebut juga menawarkan makanan, kerajinan tenun, kosmetik, perjalanan pariwisata serta jasa pendidikan.

Produk makanan Filipina yang berpotensi untuk ekspor, seperti polvoron Goldilocks, saus Mama Sitas, berbagai jenis keripik buah, selai, dan kudapan Leslies, juga ditawarkan dalam pameran tersebut.

Nilai dagang kedua Negara mencapai AS$3,6 milyar tahun lalu, dengan surplus besar untuk Indonesia yang nilai ekspornya AS$2,93 milyar, sementara nilai dagang Filipina dengan Indonesia hanya AS$628,27 juta.(f001/ )

(T.F001/B/J003/J003) 13-06-2016 16:21:36

Pewarta: Fardah Assegaf
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2016