Bogor (ANTARA News) - Pilihan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) yang diusung New Honda Brio Satya dan New Brio RS menjadikannya lebih irit bahan bakar.

"CVT mempunyai kelebihan dibandingkan AT yang kami perkenalkan sebelumnya, salah satunya efisiensi bahan bakar," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di sela-sela media test drive New Honda Brio di Bogor, Kamis malam.

Ia mengatakan, efisiensi bahan bakar juga dibarengi dengan kenaikan horse power dan torsi sehingga tidak mengurangi tenaga yang dihasilkan.

"Bukan berarti AT tidak baik, hanya saja karakter LCGC (low cost green car) sangat cocok dengan CVT, yakni hemat bahan bakar dan tenaga lebih besar," ungkap Jonfis.

Manager Service Division PT Honda Prospect Motor, Muhammad Zuhdi, menyebutkan bahwa New Honda Brio merupakan LCGC pertama yang mengusung teknologi CVT.

Ia memaparkan, CVT merupakan transmisi otomatis yang dikontrol secara elektronik dengan drive pulley dan driven pulley serta steel belt.

"CVT sangat efisien di dalam kota karena fleksibilitas pergeseran belt, perluasan cakupan rasio dan peningkatan efisiensi CVT," kata Zuhdi.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016