Kami berharap pemerintah dan asosiasi Jepang bisa membantu ..."
Jakarta (ANTARANews) - Sejumlah anggota Komite Ekonomi dan Industri (KEIN) berkunjung ke Jepang untuk mempelajari cara negara itu membangun industri kecil dan menengah (IKM) sehingga tumbuh menjadi pemain global.

"Kunjungan ini dalam rangka mempelajari lebih dalam tentang pembangunan industri, termasuk IKM dan UKM (usaha kecil dan menengah) untuk (bahan) pembuatan roadmap," kata anggota KEIN Johnny Darmawan kepada Antaranews.com di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan KEIN untuk membuat peta jalan (roadmap) pembangunan ekonomi dan industri nasional, sehingga pihaknya melakukan studi yang komprehensif untuk itu, termasuk mengunjungi negara yang telah berhasil membangun industri mereka, seperti Jepang.

Johnny dan sejumlah anggota KEIN, termasuk Ketua Soetrisno Bachir, kini telah berada di Jepang untuk sepekan. Dalam kunjungan kerja itu KEIN antara lain akan bertemu dengan Federasi Bisnis Jepang, Keidanren, Ketua Kadin Jepang, JICA (Japan International Cooperation Agency), JETRO ( Japan External Trade Organization), serta mengunjungi sejumlah IKM di negara tersebut.

"Kami berharap pemerintah dan asosiasi Jepang bisa membantu atau bisa berpartisipasi lebih jauh dalam mendorong terciptanya struktur industri nasional yang kuat dengan IKM yang berdaya saing, pertanian dan sistem logistik yang semakin efisien," demikian Johnny Darmawan.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016