Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI, Moreno Soeprapto mengingatkan bahwa museum penting sebagai penyedia pengetahuan bagi masyarakat. 

Dia lalu berkisah soal kondisi Museum Angkut di wilayah pemilihannya, Batu, Malang, Jawa Timur. "Menurut saya penting sekali museum. Bagaimana generasi penerus menghabiskan hari libur mereka bukan ke mal tetapi ke museum," ujar dia di sela rapat dengar pendapat Komisi X DPR dengan Asosiasi Museum Indonesia (AMI) di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis. 

"Di daerah pemilihan saya, Batu, Kabupaten Malang, ada museum angkut, di sana bukan hanya tempat rekreasi tetapi sumber pengetahuan. Diterangkan sistemnya," tambah Moreno. 

Dia menilai jika pemerintah serius mengelola permuseuman di Indonesia, maka perlu melakukan langkah konkret menjadikan museum sebagai salah satu tujuan wisata. 

Pemerintah daerah misalnya, perlu meningkatkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) nya untuk museum. 

"Saya rasa perlu kerja konkret pemerintah bahwa museum sangat strategis salah satunya untuk pariwisata. Dari 3,5 juta pengunjung pariwisata di Batu, 40 persen ke museum," kata dia. 

"Kalau pemerintah daerah dan pusat menganggap penting museum, saya yakin museum menjadi destinasi wisata turis luar negeri dan nasional," tambah politisi Partai Gerindra itu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016