Bandung (ANTARA News) - Lagu resmi PON XIX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV bertajuk "Berjaya di Tanah Legenda"  akan diluncurkan pada acara hitung mundur 111 hari menjelang pesta olahraga empat tahunan itu, pada akhir Mei.

"Lagu resmi PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 telah rampung, dan secepatnya akan diluncurkan dan disosialisasikan kepada masyarakat Indonesia," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Bandung, Kamis.

Aransemen "Berjaya di Tanah Legenda" digarap oleh musisi nasional Dwiki Dharmawan sedangkan liriknya dibuat oleh budayawan Eddy D Iskandar.

"Lagu itu dipadukan dengan karya visual yang nantinya akan menjadi bagian dari sosialisasi dan iklan layanan masyarakat yang akan menyampaikan pesan bahwa PON XIX/2016 akan digelar di Jawa Barat dengan tema besar Berjaya di Tanah Legenda," kata Deddy Mizwar.

Secara khusus Deddy bersama tim kreatif telah menyaksikan video layanan masyarakat dengan lagu "Berjaya di Tanah Legenda" di Sekretariat PB PON XIX/2016 di kawasan Gedung Sate Kota Bandung.

"Nantinya lagu dan video ini akan hadir di tengah-tengah masyarakat melalui televisi," kata Wagub.

Selain itu sosialisasi maskot sepasang surili yang diberi nama "Lala dan Lili" terus dilakukan dengan menghadirkan dua karakter tersebut di sejumlah agenda kegiatan masyarakat.

Selain akan menggulirkan lagu resmi, PB PON XIX/2016 Jabar juga akan meluncurkan yel-yel resmi PON XIX/2016.

Sementara itu Manajer Kreatif Bidang Upacara PB PON XIX/2016 Jabar Satria Yanuar Akbar menyatakan, kehadiran lagu serta yel-yel resmi PON itu sangat penting untuk menggelorakan PON XIX/2016 kepada masyarakat.

"Melalui perhelatan hitung mundur 111 hari menjelang PON XIX dan Peparnas XV/2016 nanti kita akan lebih gugah kepedulian generasi muda kepada perhelatan olahraga itu," katanya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016