Magelang (ANTARA News) - Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Magelang menyelenggarakan reli mobil kuno dengan jumlah peserta mencapai 150 kendaraan pada 23-24 April 2016.

"Kegiatan ini kerja sama PPMKI Jateng dengan Pemkot Magelang dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-1110 kota ini," kata wakil ketua panitia penyelenggara kegiatan itu, Arif Barata Sakti, di Magelang, Jumat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 23-24 April 2016, dengan nama "Rally Top Coffee-PPMKI Jateng Tour 16". Reli mobil kuno tersebut sebagai agenda tahunan.

Arif mengatakan reli tersebut memperebutkan piala bergilir Wali Kota Magelang dan piala kejuaraan per kategori.

Pihaknya membatasi jumlah peserta hanya 150 mobil demi menjamin kenyamanan peserta dan kelancaran penyelenggaraan.

Ia mengatakan tiga kategori lomba, yakni mobil kuno keluaran sampai dengan 1976, kategori retro 1977-1986, dan mobil keluaran 1987 ke atas. Pendaftaran peserta untuk mobil sampai keluaran 1976 sebesar Rp250 ribu dan keluaran 1977 ke atas Rp300 ribu.

Arif menjelaskan peserta reli menempuh jarak sekitar 120 kilometer. Pada Sabtu (23/4) peserta berangkat dari Alun-Alun Kota Magelang melewati Yogyakarta, Klaten, dan finis di Boyolali.

Mereka, katanya, rencananya disambut Bupati Boyolali Seno Samodra untuk kemudian melakukan perjalanan mengelilingi jalan-jalan utama di daerah setempat.

Pada Minggu (24/4), katanya, peserta menempuh perjalanan dari Boyolali menuju Kota Magelang dengan finis di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

"Di tempat itu, sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba reli," kata Arif.

Juara pertama kategori mobil kuno meraih piala dan uang pembinaan satu juta rupiah, juara kedua piala dan uang Rp750 ribu, juara ketiga piala dan uang Rp500 ribu, juara keempat hingga 15 masing-masing mendapat piala.

Pemenang kategori retro dan mobil baru keluaran 1987 ke atas, untuk juara pertama hingga lima, masing-masing menerima piala, sedangkan juara umum menerima piala bergilir Wali Kota Magelang.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016