Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak lima calon gubernur DKI Jakarta mendatangi Dewan Perwakilan Daerah Partai Demokrat untuk melakukan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah 2017 melalui partai tersebut di hari terakhir.

"Hari ini adalah hari terakhir pengambilan formulir, semoga bisa berguna bagi para calon," ujar Ketua Penjaringan DPD Partai Demokrat Khrisna Salmun di Jakarta, Jumat sore.

Dalam pendaftaran yang dilaksanakan di Kantor DPD Partai Demokrat di Rawamangun Jakarta Timur itu, tiga orang merupakan calon independen, sedangkan dua lainnya dari Partai Gerindra.

Para pendaftar independen tersebut antara lain Mohammad Tahir Mahmud, Kwik Siong We, dan Beni Mokalu yang merupakan mantan Kapolda Bali.

Sedangkan pendaftar dari Partai Gerindra adalah Biem Triani Benjamin yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi XI DPR RI dan Sandiaga Salahuddin Uno yang berlatarbelakang sebagai pengusaha.

"Total hingga hari ini sudah ada 12 orang yang sudah mendaftar di Demokrat, lima orang merupakan calon independen, tujuh sisanya dari partai dan undangan," kata Khrisna menjelaskan.

Pada proses selanjutnya, tutur Khrisna melanjutkan, adalah tahap pengembalian formulir yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16 hingga 22 April 2016.

"Setelah itu akan kita panggil para calon untuk dilakukan interview, nanti bertahap tidak sekaligus. Kita ingin tahu seberapa jauh kesamaan visi-misi mereka dengan kita," tuturnya menjelaskan.

Khrisna menjelaskan, selain menilai pandangan para calon mengenai kesamaan visi-misi dengan Demokrat, mereka juga akan dinilai kemampuan analisis dalam memecahkan masalah yang ada di Jakarta.

Pada sesi interview tersebut, Demokrat akan mendatangkan sejumlah ahli dari luar partai seperti pakar tata kota, politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Terakhir, DPD Partai Demokrat akan menentukan dua calon terpilih sebagai Gubernur-Wakil Gubernur yang akan didaftarkan ke KPUD melalui rapat Dewan Kehormatan yang beranggotakan 14 orang, jelasnya.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016