Jakarta (ANTARA News) - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 turut diramaikan oleh mobil listrik yang mengusung kombinasi teknologi elektrik dengan perangkat bersistem operasi Android.

Keterangan tertulis penyelenggara IIMS, Senin, menyebutkan bahwa inti dari sistem operasional mobil tersebut dapat diatur dan dikontrol melalui smartphone, yang terbilang sebagai terobosan bagus. Mobil listrik ini terletak di Hall C JIEXpo Kemyoran, berbarengan dengan enam unit mobil listrik lainnya yang merupakan karya murni para mahasiswa Indonesia.

Ada Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang telah meraih 7 trofi di 7 ajang kompetisi berbeda. Terdapat juga Kujang 193 made in Universitas Pasundan Bandung sebagai generasi ketiga sejak kali pertama dibuat pada 2012 dan telah menyabet 10 penghargaan.

Menyusul kemudian Tarusbawa bikinan anak-anak ITENAS Bandung yang tampil unik dengan menggunakan roda sepeda agar lebih ringan dan lebih mudah bermanuver.

Ada pula P-Elcar dari Politeknik Negeri Bandung (Polban), Blue Warrior dari Politeknik Negeri Jakarta, dan Kaliurang Unisi Generasi 2 persembahan Universitas Islam Indonesia (Unisi) Yogyakarta.

Inovasi lain juga terletak di kancah IIMS Funtomotive, yang sejak tahun lalu menjadi lahan kreatif para pemuda pecinta games dengan konsep race. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya satu pemenang dengan hadiah motor, kini pemenangnya ada dua dengan hadiah PS4 dan PSP Vita.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016