Banda Aceh (ANTARA News) - Ketua DPR RI H Ade Komarudin meresmikan Masjid Agung At-Taqwa, Kutacane, Aceh Tenggara yang memiliki gaya arsitektur minimalis modern pada Jumat.

"Masjid yang begitu megah ini merupakan wujud dari kerja keras pemerintah di Aceh dan warga Aceh Tenggara yang telah bersama-sama menyumbang dalam pembangunan masjid yang bakal dijadikan sebagai pusat peradaban islam di daerah ini," katanya di Aceh Tenggara.

Ia mengatakan Masjid Agung At-taqwa Kutacane lengkap dengan perpustakaan dan pusat kegiatan masyarakat dan layak menjadi sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban Islam di Aceh Tenggara dan sekitarnya.

"Bahkan kalau perlu kita tingkatkan jumlah buku dan perluaskan perpustakaan menjadi yang terbesar di Aceh," kata Ade Komarudin.

Politisi Partai Golkar tersebut juga menyatakan dirinya bangga dengan prestasi Pemerintahan Aceh Tenggara di bawah kepemimpinan Bupati Hasanuddin yang telah memberi perhatian khusus kepada pengembangan syiar Islam di daerah tersebut.

Bupati Aceh Tenggara Hasanuddin mengaku bangga dengan kehadiran masjid yang telah lama dinanti oleh masyakat Aceh Tenggara yang serba modern dengan perlengkapan tercanggih di Aceh.

Menurut dia, pengelolaan masjid tersebut nanti akan sepenuhnya dilaksanakan oleh sebuah UPTD dari Dinas Syariat Pemerintah Aceh Tenggara yang secara khusus bertugas untuk pemeliharaan bangunan tersebut.

"Dengan adanya UPTD yang mengurus masalah pengelolaan, masjid ini diharapkan akan terus berada dalam kondisi yang baik," katanya.

Pada acara tersebut, Hasanuddin juga turut mengumumkan pemberian gelar putra kehormatan Aceh Tenggara kepada H Ade Komarudin dengan Marga Selian.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016