Saling bersinergi merupakan cara terbaik dan efektif dalam menyosialisasikan MEA. Suksesnya MEA harus melibatkan parapihak dalam proses integrasi,"
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Organisasi-organisasi media di kawasan ASEAN seperti kantor berita, media cetak, media "online" atau daring dan lainnya sangat perlu untuk bersinergi dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap sukses Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Saling bersinergi merupakan cara terbaik dan efektif dalam menyosialisasikan MEA. Suksesnya MEA harus melibatkan parapihak dalam proses integrasi," ucap Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara, Aat Surya Safaat dalam presentasinya di "ASEAN Editors Summit" di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa.

Menurut dia, MEA bukan hanya menjamin integrasi ekonomi 10 negara ASEAN, namun juga mampu mencapai kesejahteraan bersama di kawasan tersebut.

Untuk itu, lanjut dia, Antara mengusung agar dibentuk kantor berita ASEAN, karena keberadaannya sangat penting dalam menyukseskan komunitas ekonomi ASEAN.

"Usulan pembentukan Kantor Berita ASEAN sudah disampaikan oleh mantan direktur utama Perum LKBN ANTARA, Saiful Hadi dan mendapat dukungan dari perwakilan media negara-negara ASEAN. Hal tersebut akan dibicarakan lebih mendalam pada hari kedua ASEAN Editors Summit ini," ucapnya.

Aat berharap dengan adanya kerja sama tersebut maka berita-berita ASEAN dapat tersosialisasikan dengan baik.

"Masing-masing negara ASEAN dapat menyampaikan potensi-potensi yang dimilikinya, sehingga dapat dibaca di negara sesama anggota ASEAN," tuturnya.

Indonesia, lanjut dia, juga harus memanfaatkan kerja sama antar-organisasi media agar tidak tertinggal informasi terkini dari negara lainnya.

Untuk itu, lanjut dia, pertemuan seperti ini sangatlah bagus, dan perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Bahkan, kata Aat, Perum LKBN Antara akan menyampaikan kepada pihak pemerintah agar dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut di Indonesia.

"Saya akan mengomunikasikan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika agar kegiatan ini bisa dilaksanakan di Indonesia," ucapnya.

Pada ASEAN Editors Summit ini, Perum LKBN Antara mengutus tiga wakilnya yaitu Direktur Pemberitaan Aat Surya Safaat, Penasihat Senior Saiful Hadi dan Editor Senior Edi Utama yang masing-masing menyampaikan presentasi dalam acara tersebut.

Peserta dari Indonesia juga datang dari RRI serta sejumlah pemimpin redaksi media dari Jakarta seperti Zulfiani Lubis serta perwakilan dari Riau.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016