Jakarta (ANTARA News) - Proving Ground (lintasan uji coba) pertama dari produsen ban dalam negeri PT. Gajah Tunggal, Tbk. di Karawang, Jawa Barat akan diresmikan pada 19 Mei 2016, kata Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian Harjanto.

"Investasinya hampir 100 juta dolar AS," kata Harjanto di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa. 

Pembangunan lintasan uji coba ban ini disebut Harjanto merupakan bukti komitmen PT. Gajah Tunggal untuk mendorong ekspor yang selama ini sebagian besar ditujukan untuk pasar Amerika Serikat. Selain itu, ban lokal diharap dapat mengisi pasar produk OEM (Original Equipment Manufacturer).

"Kita harus buktikan komitmen terhadap kualitas tinggi, dan ini sudah kita lakukan," imbuh dia.

Dia mengemukakan, pihak PT. Gajah Tunggal juga menyampaikan kepada Menteri Perindustrian Saleh Husin agar ada kebijakan untuk perusahaan yang telah membangun riset dan pengembangan untuk membuat inovasi. 

"Seperti keberpihakan dalam bentuk tax insentif," ujar dia.

Lintasan uji coba milik PT. Gajah Tunggal, Tbk akan menjadi Proving Ground kedua di Indonesia setelah milik PT. Bridgestone Tyre Indonesia di Karawang. Lintasan uji coba diharap dapat membantu penelitian dalam menghasilkan produk ban baru yang dibutuhkan pasar namun belum ada di dalam negeri. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016