Pembangunan asrama mahasiswa ini dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, sehingga proses pembelajaran di kampus bisa berlangsung 24 jam karena mahasiswa tinggal di asrama kampus,"
Pandeglang (ANTARA News) - Kalangan eksekutif, ulama, akademisi, dan ribuan warga Banten, Minggu, menghadiri puncak peringatan Milad (Hari Ulang Tahun) ke-15 Universitas Mathlaul Anwar (UNMA), sekaligus menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan gedung asrama mahasiswa perguruan tersebut.

Puncak perayaan Milad ke-15 perguruan tinggi swasta terkemuka di Provinsi Banten yang berlokasi di Cikaliung Kabupaten Pandeglang itu berlangsung sederhana dan khidmat namun tetap meriah.

Acara menjadi meriah dengan tampilnya kesenian marawis dari grup sekolah berkebutuhan khusus Mathlaul Anwar Pusat Menes dan grup kesenian karinding yang memainkan kumpulan alat musik tradisional terbuat dari bambu, hasil kreasi Unit Kegiatan Mahasiswa "Kreasi" UNMA Banten.

Adapun peletakan batu pertama pembangunan gedung asrama mahasiswa UNMA dilakukan oleh Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr Ir Achmad Hermanto Dardak MSc.

Peletakan batu pertama asrama mahasiswa itu disaksikan oleh Ketua Majlis Amanah Mathlaul Anwar KH Irsjad Djuwaeli, Ketua Umum Pengurus Besar Mathlaul Anwar (PBMA) KH Sadeli Karim Lc, Rektor UNMA Prof Dr H Muhammad Bambang Pranowo MA, dan kalangan sivitas akademika UNMA Banten.

Gedung asrama mahasiswa yang berlokasi di sekitar kampus tersebut akan segera dibangun atas kerjasama antara UNMA Banten dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Pembangunan asrama mahasiswa ini dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, sehingga proses pembelajaran di kampus bisa berlangsung 24 jam karena mahasiswa tinggal di asrama kampus," kata Dekan Fakultas Agama UNMA Mohammad Zen.

Menurut Zen, selain menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, UNMA Banten juga melakukan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, di antaranya Universitas Sains Islam Malaysia (USIM).

UNMA dan USIM akan melakukan pertukaran dosen serta seminar internasional terkait dunia pendidikan, bahkan mulai September 2016 ini beberapa dosen UNMA akan dikirim untuk mengambil program PhD di USIM.

"Kami akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi Mathlaul Anwar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Dekan Fakultas Agama UNMA yang juga Ketua Perguruan Mathlaul Anwar Cikaliung Pandeglang, tempat dimana lokasi Kampus UNMA berada.

Ia menambahkan, UNMA merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Tinggi Mathlaul Anwar yang telah ada sejak 1988. Kini UNMA memiliki 10 Fakultas dan 21 Program Studi dengan jumlah mahasiswa sekitar delapan ribu orang.

Pewarta: Aat Surya Safaat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016