Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan transportasi Blue Bird Group menyatakan tidak terpukul dengan kehadiran transportasi berbasis online sejak 2014.

"Kami tidak terpukul dengan transportasi online, kami hanya ingin persaingan usaha yang fair," kata Komisaris Blue Bird Group Noni Purnama di Jakarta.

Menurut Noni, sebuah perusahaan transportasi perlu memenuhi sederet aturan pemerintah untuk dapat beroperasi di seluruh wilayah Indonesia.

Selain izin operasi dengan berbagai persyaratannya, lanjut Noni, perusahaan perlu menyediakan pool atau pangkalan-pangkalan yang tersebar di berbagai daerah operasional.

Selain itu, lanjut Noni, perusahaan juga perlu memastikan kelaikan kendaraan dengan melakukan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) secara berkala.

Perusahaan transportasi juga harus melakukan rekrutmen pengemudi dengan persyaratan yang harus dipenuhi seluruh calon pengemudi.

Untuk itu, Noni berharap pemerintah memiliki regulasi terhadap fenomena transportasi yang ada saat ini.

"Kami akan sampaikan aspirasi kami kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk bisa disampaikan kepada pemerintah," ujarnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016