Secara riil tidak terjadi deparpolisasi, ini kritik terhadap keberadaan partai sekarang,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) Panji Anugrah Permana mengatakan, keberadaan calon perseorangan ("independen") bukanlah deparpolisasi (upaya menyingkirkan peran parpol), namun kritik bagi partai politik.

"Secara riil tidak terjadi deparpolisasi, ini kritik terhadap keberadaan partai sekarang," katanya di Jakarta, Kamis.

Hal ini menanggapi isu yang berkembang terkait dengan ungkapan deparpolisasi oleh Sekretaris DPD PDIP Prasetio Edi Marsudi tentang majunya Ahok melalui jalur perseorangan.

Ia menegaskan, majunya Ahok melalui calon perseorangan tidak menunjukan adanya deparpolisasi. Begitu pula dukungan yang diberikan sejumlah masyarakat untuk Ahok maju melalui jalur perseorangan.

"Ini karena kemuakan masyarakat terhadap partai politik yang tidak membela masyarakat, tapi kepentingan," tukasnya.

Ia mengatakan, saat ini partai politik dinilai tidak menjadi pilar penting dalam menyuarakan aspirasi masyarakat karena publik kesulitan dalam mengakses partai politik.

Sementara itu, hal senada sebelumnya disampaikan oleh Direktur Utama Survei Lintas Nusantara Emrus Sihombing. Ia mengatakan calon independen bukan berarti sebuah upaya untuk mengerdilkan peran partai politik atau deparpolisasi.

"Justru calon independen tersebut sebagai tantangan dan motivasi bagi partai politik untuk berbenah diri sehingga mampu melahirkan pemimpin yang melampaui kualitas calon independen," ujar pengajar Komunikasi Politik di Universitas Pelita Harapan tersebut.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016