Jakarta (ANTARA News) - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 tidak hanya menampilkan kendaraan roda empat maupun roda dua dari berbagai agen pemegang merek (APM) tetapi juga menggelar berbagai macam acara hiburan pendukung.

IIMS akan digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta, 7-17 April 2016.

"APM telah menyiapkan live entertainment tersendiri pada booth masing-masing. Saat ini enerji terbesar kami dipakai untuk menyiapkan acara-acara pendukung guna meningkatkan dan memanjakan pengunjung, khususnya acara-acara baru dan acara lama yang diperbaharui," kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan sebagian besar dari 50-an acara pendukung tahun lalu tetap dipertahankan, sebagian lagi dimodifikasi demi meningkatkan kemeriahaannya. 

Thousands Car March, misalnya, format penyelenggaraannya berubah total dari tahun lalu. Kalau edisi 2015 peserta hanya konvoi dari Senayan ke JIExpo Kemayoran, maka tahun ini sekitar 80-an mobil peserta akan digiring mengelilingi Jakarta dengan konsep City Rally.  Lokasi checkpoint terletak di beberapa sudut-sudut istimewa atau bersejarah Jakarta. 

"Punya SIM, itu mutlak. Patuh pada peraturan lalulintas dan punya tata krama dalam berkendara, itu pun wajib. Perilaku berkendara ini menjadi poin tersendiri di tengah beragam games yang menyenangkan sepanjang rute. Ini sejalan dengan program baru IIMS lainnya, yakni Road Safety for Children. Kampanye lalu lintas ini perlu terus menerus digaungkan, dari level anak-anak sampai dewasa, tentunya dengan format acara yang disesuaikan umur," jelas Hendra.

Acara baru lainnya yakni hadirnya komunitas motor dari segmen metik sampai superbike, yang elektrik sampai yang futuristik.

"Atmosfer motor berlipat dua kali dibandingkan 2015, mulai dari aktivitas komunitas,racing, modifikasi, maupun EDU-Class dengan tujuan meningkatkan kepedulian biker pada keselamatan di jalan raya," ujar Hendra. 

Selain itu, terdapat IIMS VBI Scooter GP 2016 (9 April), Mini GP (10 April), Rolling Thunder (10 April).

Kontes modifikasi juga menjadi salah satu menu utama dalam IIMS 2016. Tak kalah seru dan selalu menarik adalah arena Parade Test Ride yang memberi kesempatan pengunjung menguji performa motor-motor baru yang memasuki pasar. Masing-masing APM menyediakan motor-motor yang siap diuji.

Sementara bagi peminat otomotif sekaligus penggemar film-film Hollywood, maka akan dipuaskan kembali dengan menghadirkan line-up Movie Cars. Tradisi IIMS Drift War juga berlanjut masuk edisi kali keempat dan menjadi ajang drift bergengsi yang ditunggu-tunggu drifter maupun komunitas drifting Indonesia dan dihelat pada 15-16 April. 

Acara tahun lalu yang terbukti membetot perhatian pengunjung juga dipertahankan, antara lain Indonesian Builder yang menampilkan karya modifikasi terbaik anak bangsa. Ada pula Military Zone yang menyajikan parade kendaraan tempur milik TNI yang tahun lalu menjadi ajang foto favorit, Rock Crawling persembahan IOF (Indonesia Offroad Federation), dan tak lupa kegemerlapan pemilihan Miss IIMS 2016. 

Terdapat pula IIMS Special Guest Tour pada 9 April 2016. Ini adalah acara khusus untuk saudara-saudara kita penyandang difabel. Di bawah bendera Difabel Motorcycle Community, mereka akan datang dengan motor-motor yang telah dimodifikasi khusus untuk difabel.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016