Lebak (ANTARA News) - Gubernur Banten Rano Karno optimistis Pantai Sawarna akan menjadi salah satu objek wisata pantai unggulan di Provinsi Banten, karena potensi pantai cukup baik serta didukung masyarakatnya yang sudah sadar wisata.

"Sadar wisata masyarakat di Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak ini lebih baik dibandingkan daerah wisata lainnya seperti Carita di Kabupaten Pandeglang dan Anyer di Kabupaten Serang," kata Rano Karno usai menutup rangkaian kegiatan Sawarna Beach Festival di Sawarna Kecamatan Bayah Lebak, Minggu.

Menurut Gubernur, sadar wisata masyarakat Sawarna terlihat dari lingkungan sekitar yang bersih, asri, dan ramah terhadap para pengunjung. Sehingga kondisi tersebut akan mendorong wisatawan merasa betah tinggal berlama-lama di Sawarna.

"Sadar wisata masyarakat harus terus ditingkatkan, namun jika dibandingkan dengan daerah wisata lain, sadar wisata masyarakat disini masih lebih baik, saya harap bisa dicontoh," kata Rano didampingi Bupati Lebak Iti Oktavi Jayabaya dan Sekda Banten Ranta Suharta.

Selain kesadaran masyarakat, kata Rano, kemajuan pariwisata juga harus didukung dengan infrastruktur yang baik serta sarana pendukung lainnya seperti tempat menginap, sarana umum seperti MCK.

"Kondisi jalan seperti ini saja sudah banyak wisatawan datang ke sini. Apalagi jika jalannya lebar dan lebih bagus lagi, tentu ini butuh waktu untuk mewujudkannya," kata Rano.

Menurut Rano, hal yang lebih penting juga masyarakat harus bisa menjaga kebudayaan atau kearifan lokal di daerah, seperti halnya yang dilakukan di Sawarna dengan banyaknya berdiri home stay serta lingkungan masyarakat yang ramah.

"Kalau wisatawan pengen nginep di hotel-hotel bintang untuk apa jauh-jauh datang ke sini, paling ke Singapura dan di kota juga banyak. Justeru mereka kesini karena ingin suasana pantai dan pedesaan yang masih asri," katanya.

Gubernur juga menyampaikan dengan rencana pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 84 Km, dipastikan akan memberikan dampak terhadap kemajuan pariwisata di Banten Selatan termasuk Pantai Sawarna.

Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jaya Baya meminta kepada Gubernur Banten agar mendukung infrastruktur yang bisa menunjang pariwisata di kawasan wisata Sawarna. Selain itu, Iti juga meminta agar Pemprov memberikan bantuan pembangunan kios untuk masyarakat sekitar yang berjualan di sepanjang Pantai Sawarna.

"Untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pariwisata, kami bersama Kepala Desa di sini terus memberikan pelatihan-pelatihan, termasuk dalam pengelolaan home stay. Kami juga berharap masyarakat di sini bisa menjaga kearifan lokal," kata Iti.

Iti mengatakan, Pemkab Lebak juga akan terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur ke Sawarna termasuk untuk pelebaran jalan ke objel wisata tersebut.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016