Saya luruskan tadi yang dibicarakan bapak presiden itu pada tahun 2018 adalah keputusan investasi final (FID) jadi bukan prosesnya."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menyatakan keputusan terkait blok gas Masela yang akan diambil pada tahun 2018 seperti yang diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo adalah keputusan investasi final atau (final investment decision/FID).

"Saya luruskan tadi yang dibicarakan bapak presiden itu pada tahun 2018 adalah keputusan investasi final (FID) jadi bukan prosesnya," kata Sudirman di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin.

Sementara itu, lanjut Sudirman, untuk sekarang ini tetap harus ada proses dalam pemnfaatan blok Masela yaitu dalam tahap persetujuan mengenai rencana pengembangan (plan of development/PoD) yang terdiri atas menyusun pengembangan, rencana ditel pelaksanaannya, pengecekan reservoir, desain engineering-nya dan bagaimana mengoperasikanya.

Mengingat ini adalah proyek jangka panjang dan besar, kata dia, maka Presiden Jokowi menargetkan status untuk blok Masela pada 2018 demi menampung semua masukan sebelum menentukan keputusan apa yang akan diambil.

"Jadi sebetulnya yang diminta sekarang adalah persetujuan mengenai rencana pengembangan, mengingat ini proyek jangka panjang. Dan Presiden sebetulnya ingin meyakini dulu segala masukan baru mengambil keputusan namun tetap PoD-nya harus sekarang," imbuhnya.

Sudirman yang merupakan mantan pimpinan PT Pindad (Persero) ini menegaskan untuk keputusan mengenai PoD harus diputuskan saat ini karena sudah sangat terlambat.

"Dan saya kira kita tunggu wisdom (kebijakan) Pak Presiden, sedangkan keputusan pada 2018 itu baru terjadi kalau sekarang diputuskan PoD. Sedangkan jika PoD ini tidak diputuskan saat ini maka untuk 2018 lupakan saja," ucap Sudirman.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam acara penandatanganan kontrak kegiatan strategis Kementerian ESDM pada Senin (29/2), mengatakan bahwa keputusan mengenai pengembangan kilang gas di Blok Masela masih menunggu 2018.

"Ini kan proyek sangat besar dan jangka panjang, sebetulnya masih dalam proses studi nanti akan diputuskan 2018 apakah di laut atau di darat," katanya dalam kesempatan tersebut.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016