Sekarang saja langsung, siapa takut"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyambut baik usulan pemeriksaan urin untuk mendeteksi kemungkinan penggunaan narkoba oleh anggota MPR, DPR dan DPD.

"Oh dengan senang hati. Bila perlu, ayo kapan?," kata dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin.

Zulkifli sependapat dengan keinginan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, agar pemeriksaan urin dilakukan mendadak. "Jadi hari ini juga boleh. Jangan diagendakan dong, nanti bisa siap-siap. Sekarang saja langsung, siapa takut," tantang dia.

Dalam kesempatan berbeda, Fadli mengatakan, DPR dan Badan Narkotika Nasional (BNN) sebenarnya sudah berencana melakukan pemeriksaan narkoba bagi anggota DPR hingga bahkan DPRD. Namun, untuk pelaksanaannya, dia enggan memberitahukan kapan pastinya.

"Sebenarnya sudah ada wacana untuk bekerjasama dengan BNN, agar setiap anggota DPR RI, termasuk DPRD, dan juga di eksekutif, di setiap departemen , kementerian seharusnya diperiksa, termasuk di kepolisian dan TNI," ujar dia.

Usulan pemeriksaan tes urin untuk mendeteksi penggunaan narkoba di kalangan anggota dewan kembali menyeruak setelah salah seorang anggota DPR dari Fraksi PPP, Fanny Safriansyah atau Ivan Haz diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016