Sumedang (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional (PAN) akan memutuskan dan mengumumkan figur Calon Gubernur DKI Jakarta pada April 2016.

"PAN akan menyurvei dulu popularitas dan elektabilitas, siapa figur yang disukai dan dipilih oleh rakyat," kata Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, setelah membuka Jambore Nasional ke-5 Persatuan Islam (Jamnas ke-5 Persis) di Sumedang, Jawa Barat, Kamis.

Menurut Zulkifli, PAN akan meminta bantuan lembaga survei profesional untuk melakukan jajak pendapat terhadap sejumlah tokoh, guna mengetahui pilihan rakyat.

Ia pun menyebut sejumlah nama yakni Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, mantan Menteri Hukum dan Perundang-undangan Yusril Ihza Mahendra, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Bupati Bojongero Suyoto, dan pengusaha Sandiaga Uno.

Menurut Zulkifli, PAN akan bertanya pada rakyat Jakarta, siapa figur yang dipilih. "Siapa pun pilihan rakyat, PAN akan mendukungnya," katanya.

Ketika ditanya, apakah PAN akan mengajukan persyaratan untuk mengusung Cagub DKI Jakarta, Zulkifli menegaskan partainya tidak mengajukan persyaratan apapun.

"PAN cuma melihat popularitas dan elektabilias," katanya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal PAN Yandri Susanto mengatakan PAN siap mendukung Basuki Tjahaja Purnama sebagai calon gubernur dalam pilkada mendatang.

"Politik itu kan dinamis, siap menjadi kawan dan siap menjadi lawan," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016