Jakarta (ANTARA News) - Ikatan Motor Indonesia DKI Jakarta akan menggalang dana untuk mendukung pebalap nasional Rio Haryanto berlaga di Formula One 2016.

"IMI DKI sedang membuat sistem solidaritas dengan menjual merchandise dan pernak-pernik dari semua kejuaraan di bawah bendera IMI untuk mendukug Rio Haryanto," kata Ketua IMI DKI Jakarta Alfonsus Judiarto di Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan IMI akan menyiapkan sejumlah sukarelawan untuk menjual "stiker" dan "merchandise" yang menampilkan pebalap berusia 23 tahun tersebut di berbagai ruang publik yakni stasiun kereta api, bandara, pusat perbelanjaan, serta beberapa fasilitas publik.

Menurut Judiarto, pengumpulan dana ini digelar karena pihaknya merasa prihatin dengan kondisi Rio Haryanto yang tidak banyak mendapatkan dukungan sponsor untuk membayar dana sebesar 15 juta euro kepada Manor Racing.

Terkait dengan rencana tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah menyatakan dukungannya terhadap kegiatan IMI.

"Pemerintah juga sudah mencoba membantu melalui APBN, tapi dengan prosedur yang rumit dan banyaknya pro-kontra yang berkembang, kami mengharapkan untuk saat ini pihak swasta juga dapat membantu Rio," ujarnya.

Menpora menuturkan hingga kini pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu telah membayar uang muka sebanyak 5,25 juta euro kepada Manor Racing, sehingga sisa dana yang harus dilunasi berjumlah 9,75 juta euro.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016