Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan MPR RI bersama pimpinan fraksi dan kelompok DPD sepakat akan menyusun tahapan-tahapan untuk merealisasikan GBHN melalui amandemen terbatas.

Hal ini diungkapkan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan seusai memimpin rapat gabungan Pimpinan MPR dengan pimpinan fraksi dan lembaga pengkajian di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu.

Dalam rapat gabungan itu, Zulkifli didampingi Wakil Ketua Mahyudin dan Oesman Sapta, beserta sejumlah perwakilan fraksi antara lain Ahmad Basarah (PDIP), Ana Muawanah (PKB), Hardisoesilo (Partai Golkar). Kemudian, Guntur Sasono (Demokrat), Zainut Tauhid (PPP), Fadholi (Nasdem), John Pieris (DPD) dan Jafar Hafsah (lembaga pengkajian).

Zulkfili mengatakan, tahapan-tahapan yang dimaksud di antaranya mengajak diskusi kalangan perguruan tinggi, mengadakan pertemuan dengan ormas-ormas besar maupun kecil. Lalu, melaksanakan seminar, simposium dan publik hearing terkait perlunya haluan negara.

"Kalau nanti misalnya perlu langkah amandemen terbatas maka nanti akan dilakukan langkah-langkah politis selanjutnya," kata dia. Selain itu, MPR juga menugaskan Badan Pengkajian dan Lembaga Pengkajian untuk mengkaji lebih mendalam tentang aspirasi masyarakat terkait wacana perlunya haluan negara. "Sebab, hampir semua sepakat mengenai perlunya haluan negara," pungkas Zulkifli.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016