Paris (ANTARA News) - Tahukah anda bahwa pelatih Paris Saint-Germain (PSG) Laurent Blanc belum-belum sudah optimistis bakal menjuarai kompetisi. Tapi dia harus membuktikan perkataannya itu dengan mengalahkan Chelsea.

The Blues siap meladeni PSG dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang diadakan di Stadion Parc des Princes, Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Berikut lima fakta seputar laga Paris Saint-Germain kontra Chelsea sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, antara lain laman UEFA dan AFP.

Fakta pertama, PSG tidak terkalahkan dalam 44 laga domestik, sementara Chelsea di bawah asuhan Guus  Hiddink tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan sejak pelatih asal Belanda itu menggantikan Jose Mourinho.

Fakta kedua, kedua pelatih berbeda usia. Laurent Blanc (PSG) kini berusia 50 tahun, sedangkan Guus Hiddink berumur 69 tahun.

Fakta ketiga, dari sisi pencetak gol terbanyak di seluruh kompetisi, PSG mempunyai Zlatan Ibrahimovic yang telah mengoleksi 27 gol, sementara Chelsea memiliki Diego Costa yang telah membukukan 12 gol.

Fakta keempat, capaian penampilan pada liga domestik. PSG kini bertengger pada peringkat pertama Liga Prancis (Ligue 1), dengan selisih 24 poin dari peringkat kedua klasemen yang ditempati Monaco, dengan sisa 12 pertandingan di depan.

Sedangkan, Chelsea dengan prestasi 10 laga tidak terkalahkan pada ajang Liga Utama Inggris kini berada pada peringkat ke-12 klasemen musim 2015/16. Ini artinya, sembilan poin lagi the Blues terdegradasi.

Fakta kelima, perbedaan capaian prestasi kedua tim. Paris Saint-Germain bertengger pada peringkat kedua Grup A di bawah Real Madrid, sedangkan Chelsea menjadi juara Grup G di atas Dynamo Kiev.

Penampilan terbaik kedua tim di Liga Champions: Paris Saint-Germain menjadi semifinalis edisi 1995; dan Chelsea sebagai pemenang pada 2012.

Prestasi lainnya: Paris Saint-Germain: lima kali juara Liga Prancis, sembilan kali juara Piala Prancis, lima kali juara trofi Champions, dan satu kali juara Piala Winners.

Chelsea: lima kali juara Liga inggris, tujuh kali juara Piala FA, lima kali juara Piala Liga, empat kali keluar sebagai pemenang Community Shield, satu kali juara Piala UFA, dua kali  juara Piala Winners, dan satu kali juara Piala Super UEFA.


Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016