Jakarta (ANTARA News) - Walikota Jakarta Utara Rustam Effendi mengatakan warga pendatang di kawasan Kalijodo akan diberikan tawaran pulang ke kampung asal mereka.

"Kami tawarkan pulang kampung. Kami fasilitasi," katanya usai menghadiri rapat koordinasi penertiban Kalijodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Selain itu opsi lainnya, kata Rustam, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berjanji akan memberikan modal bagi warga Kalijodo yang akan digunakan untuk membuat usaha kecil dan menegah.

"Kami berikan modal, tetapi harus dilatih dulu. Di dalam surat pemberitahuan sudah saya disampaikan bagi mereka yang mau alih profesi akan kami latih di balai latihan kerja," ujar Rustam.

Sementara bagi warga setempat yang memiliki kartu tanda penduduk DKI Jakarta dan terkena dampak pembongkaran, kata dia, akan dipindahkan ke rumah susun.

"Rumah susunnya sudah ada di Marunda, Daan Mogot dan ada satu lagi dari Dinas Perumahan. Sekarang ada sekitar 300-an pintu rumah susun yang siap menampung," demikian Rustam.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016