Bagi IMI, Rio itu sudah tak perlu diragukan."
Surabaya (ANTARA News) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengharapkan pebalap andalan Indonesia, Rio Haryanto, dapat berlaga di Formula One (F1) 2016, dan meminta pemerintah serius memperhatikannya melalui dukungan pendanaan.

"Siapa yang tidak bangga ada pebalap Indonesia berlaga di F1. Rio ini menatapnya, dan kami harap tidak ada permasalahan dana," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat IMI, Sadikin Aksa, di sela Rakernas dan Munaslub IMI di Surabaya, Sabtu.

Rencana keikutsertaan Rio Haryanto berlaga F1 di masih tanda tanya, setelah manajemen belum bisa memenuhi pembayaran 15 juta euro kepada tim asal Inggris, Manor Racing Team.

Menurut dia, IMI selaku regulator tidak bisa memberikan bantuan pendanaan karena bukan kewenengannya, namun memastikan mendukung apapun jenis lisensi yang dibutuhkan Rio Heryanto untuk berlaga di F1.

"Bagi IMI, Rio itu sudah tak perlu diragukan. Dia adalah atlet anak bangsa yang memiliki cita-cita mengharumkan nama Indonesia di arena balap paling bergengsi di dunia. Tidak usah diminta pasti kami berikan," ucapnya.

Mewakili IMI, ia berharap, persoalan dana saat ini cepat terselesaikan, mengingat semakin dekatnya waktu penyelenggaraan.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik Irianto mengatakan pemerintah berjuang sekuat tenaganya, agar Rio Haryanto memastikan satu kursi di arena balapan jet darat tersebut.

"Kami terus berusaha dan serius memperjuangkannya. Kami juga mengajak semua pihak ikut membantu untuk memenuhi persyaratan biaya yang ditetapkan Manor," kata menambahkan.

Rio Haryanto hingga kini mendapatkan dukungan dari Pertamina (Persero) senilai 5,2 juta euro, namun belum bisa dicairkan karena menunggu dana pendamping, termasuk dari Kemenpora senilai Rp100 miliar.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016