Pers sangat menentukan bagi kita sehingga perlu membangun kepercayaan diri, membangun wawasan kebangsaan, dan cinta Tanah Air,"
Lombok Tengah (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai keberadaan pers berperan penting dalam menyebarluaskan wawasan kebangsaan sehingga diharapkan bisa menciptakan optimisme di masyarakat.

"Pers sangat menentukan bagi kita sehingga perlu membangun kepercayaan diri, membangun wawasan kebangsaan, dan cinta Tanah Air," katanya usai menghadiri perayaan puncak Hari Pers Nasional 2016 di Lombok Tengah, NTB, Selasa.

Dia mencontohkan pemberitaan terkait narkoba dan kasus pembunuhan yang membuat dampak negatif kepada masyarakat.

Menurut dia, dampak itu seperti menimbulkan pesimisisme, ketidakpercayaan, memunculkan kekerasan, dan menghalalkan segala cara.

"Media adalah milik rakyat karena itu penting untuk membangun kebangsaan," ujarnya.

Ketua Umum PAN itu juga menilai pers menentukan masa depan Indonesia sehingga perlu memberitakan sebuah kejadian secara objektif dan optimisme tinggi.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pejabat publik menghadiri peringatan Hari Pers Nasional 2016, di Pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Beberapa menteri di Kabinet Kerja yang hadir antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Jaksa Agung M. Prasetyo.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu peringatan HPN 2016 juga dihadiri Ketua DPR Ade Komaruddin, Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad, dan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016