Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau pelaku pelayaran dan nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi di perairan Bangka Belitung (Babel) pada Rabu (10/2).

"Prakiraan gelombang laut di perairan tersebut masih berpotensi mencapai ketinggian hingga 4,5 meter. Makanya diminta untuk waspadai agar terhindar dari hal tak diinginkan," kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Tri Yulianto di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, ketinggian gelombang ini berpeluang terjadi di perairan utara Pulau Bangka, Selat Gelasa dan Selat Karimata dengan kecepatan angin mencapai 56 kilometer per jam bergerak dari barat laut menuju timur laut.

Pihaknya mengingatkan kepada para nelayan dan pelaku pelayaran untuk lebih waspada saat melewati jalur pelayaran tersebut, terutama kalau cuaca mau hujan agar terhindar dari kecelakaan yang akan terjadi di laut.

"Kita mengimbau pengguna jasa perhubungan laut terutama nelayan untuk mewaspadai kondisi cuaca buruk ini karena bisa mengakibatkan kecelakaan laut dan mengancam keselamatan jiwa akibat hempasan ombak yang tinggi," ujarnya.

Menurut dia, gelombang tinggi juga diperkirakan akan terjadi di beberapa perairan Babel lainnya seperti di selatan Pulau Bangka, gelombang diprediksi akan mencapai ketinggian hingga dua meter yang disertai angin dengan kecepatan mencapai 44 kilometer per jam.

"Sedangkan ketinggian gelombang laut di Selat Bangka diprediksi akan mencapai 1,5 meter disertai angin berkecepatan 12 hingga 42 kilometer per jam," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, kondisi daratan di Babel masih didominasi hujan dengan intensitas ringan.

"Lima kabupaten kota diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan sedangkan dua kabupaten lainnya diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Ia menyebutkan, lima daerah yang berpotensi hujan ringan tersebut yakni Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang, sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan terjadi di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016