Karawang (ANTARA News) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) kendaraan The All New Fortuner dari 60 persen menjadi 75 persen.

"Peningkatan kandungan lokal ini adalah bagian dari upaya kami turut serta dalam perkembangan industri otomotif Indonesia," kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono di Karawang, Selasa.

Beberapa komponen kendaraan yang baru diluncurkan 22 Januari 2016 tersebut mulai diproduksi di Indonesia, di antaranya adalah RR axel roda dan link steering system, di mana kedua komponen tersebut sebelumnya diimpor dari Thailand.

Selain itu, steering wheel, power window, parking brake level, cylinder key, stabilizer roda depan dan belakang juga mulai menggunakan komponen lokal.

Sementara, engine diesel, transmisi dan outer panel dari kendaraan tersebut masih diimpor dari Jepang dan Thailand, karena belum tersedia di Indonesia.

"Untuk itu, kami menjalankan kemitraan yang erat dengan mitra pemasok agar dapat sama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," kata Warih.

TMMIN berharap, supplier lapis pertama untuk berbagi pengalaman dan melakukan asistensi bagi pemasok lapis dua dan tiga, sehingga menimbulkan efek domino.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016