Balikpapan saat ini tak lagi hanya dikenal sebagai kota minyak. Kota di Kalimantan Timur yang jauh lebih tenar dari ibukotanya (Samarinda) ini menjadi kota di Indonesia yang populer karena bandaranya.

Bandar udara yang dinamakan dari seorang tokoh penting di Kalimantan Timur, yaitu Sultan Aji Muhammad Sulaiman, ini lebih populer dengan nama lamanya, “Sepinggan”. Bahkan banyak orang sering mengucap “Ingat Balikpapan, ingat Sepinggan”.

Unik bukan? Rasanya memang masih jarang kita temukan kota di Indonesia yang bandaranya menjadi sepopuler destinasi wisata.

Tapi itulah kenyataan menarik yang ada di Balikpapan. Dan lebih mengejutkannya lagi, Bandara Sepinggan ini memang merupakan salah satu destinasi jalan-jalan di Balikpapan!

Lantas, apa istimewanya Sepinggan hingga bisa dinikmati tak hanya sekadar untuk cuci mata melihat lalu lalang pesawat terbang?

Bandara pertama di Indonesia dengan Boutique Mall
Angkasa Pura Airports menyatakan secara resmi bahwa Bandara Sepinggan adalah bandara pertama dan masih satu-satunya di Indonesia yang terintegrasi dengan mall.

Penyatuan konsep ini memberikan pengalaman baru dan menarik untuk para penumpang, sekaligus para pengunjung mall.

Para penumpang dari Terminal Kedatangan akan diarahkan untuk keluar melalui mall. Sementara itu, orang-orang yang sengaja datang untuk jalan-jalan di mall akan mendapatkan pengalaman menarik menikmati suasana bandara. Pengunjung mall tersebut dapat masuk ke dalam gedung terminal, hingga area konter Check In.

Bandara sekaligus mall ini didesain dengan gaya modern, di mana area seluas 19.000 meter persegi difungsikan sebagai area komersil (terdapat di lantai 1 dan 3 bandara). Luas tersebut tercatat lebih dari 2 kali lipatnya area komersial milik Bandara Internasional Ngurah Rai yang hanya 9.000 meter persegi.

Masyarakat kalangan menengah ke bawah juga dapat berwisata kuliner dan belanja di area seluas 2.000 meter persegi yang terdapat pada lantai tiga gedung parkir Bandara Sepinggan. Di sanalah beroperasi puluhan toko ritel hingga kedai makanan dan minuman murah meriah.

Jadi, saat Anda mengunjungi Balikpapan, jangan melewatkan kesempatan jalan-jalan di bandara termodern ini. Bandara Sepinggan ini juga diterbangi oleh Citlink, berbekal tiket promo Citilink dari Traveloka, Anda sudah bisa tiba langsung di bandara sekaligus boutique mall baru di kota berikon beruang madu ini.

Konsep modern eco-airport yang “dikawinkan” dengan unsur budaya lokal
Selain memampilkan kemewahan boutique mall, Bandara Sepinggan juga semakin cantik dengan konsep modern eco-airport-nya. Konsep ini menampilkan keramahan lingkungan dengan taman tanaman hidup di bagian luar maupun dalam terminal bandara.

Bandara Sepinggan juga mengemas tata pencahayaan dan energinya secara alami dengan tenaga matahari. Tata pencahayaan tersebut sempurna berkat dinding dan atap bangunan bandara yang terbuat dari kaca bening. Untuk pencahayaan di kala malam, bandara ini menggunakan lampu LED yang lebih awet dan ramah lingkungan dibandingkan lampu pijar.

Anda harus pernah menyaksikan keindahan Bandara Sepinggan di kala malam dari luar. Bandara ini begitu mudah dikenali dari kejauhan karena menjadi satu-satunya yang sangat modern dan berwarna di area tersebut.

Konsep unik tersebut dikawinkan dengan unsur lokal yang sangat kental. Anda dapat melihat kelokalan tersebut pada area check in yang didesain berbentuk bulat melambangkan jamur hutan Kalimantan.

Sentuhan interior bandara juga dipercantik dengan visual orang utan sebagai kampanye perlindungan satwa langka, serta visual penduduk suku asli Kalimantan Timur.

Bandara yang menjamin penumpangnya jauh dari stres
Selain itu, bandara istimewa satu ini juga memiliki konsep matang untuk mengurangi tingkat stres para penumpang. Mulai dari pintu masuk hingga gerbang keberangkatan semuanya dikemas untuk memberikan rasa santai bagi penumpang.

Langit-langit gedung dibuat tinggi dengan tujuan menonjolkan kesan lega. Alur keberangkatan dan kedatangan dibuat sederhana dengan petunjuk yang jelas dan sistem audio yang nyaman.

Solution Room di area check in hadir untuk membantu penumpang menyelesaikan masalah penerbangannya dengan lebih nyaman, santai, dan terlindungi. Pemeriksaan penumpang, bagasi, serta boarding pass dikemas dalam satu scan barcode yang terintegrasi sehingga prosesnya lebih cepat, selagi tetap (bahkan lebih) aman.

ADVERTORIAL

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016