Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Ribuan warga Kota Bogor, Jawa Barat, memadati Tugu Kujang dalam rangka merayakan malam pergantian tahun dengan menyaksikan pesta kembang api menyambut datangnya Tahun 2016, Jumat dini hari.

Tepat pukul 00.00 WIB, dentuman ribuan kembang api yang datang dari berbagai penjuru bersahut-sahutan di langit Kota Bogor.

Pemadangan kembang api menjadi hiburan warga yang sudah memadati Tugu Kujang mulai pukul 22.00 WIB. Banyaknya warga yang tumpah ruah, menutup Jalan Oto Iskandar Dinata.

Pada saat pesta kembang api dimulai, kendaraan yang melintasi Jalan Raya Padjajaran sempat tertahan di Tugu Kujang karena adanya titik kumpul warga.

Tidak hanya di Tugu Kujang, perayaan malam tahun baru juga digelar di sejumlah kawasan di antaranya di Lapangan Sempur, Taman Kencana, Air Mancur, BNR, Taman Topi, dan Yasmin.

Penumpukan warga di lokasi perayaan tahun baru membuat arus lalu lintas menjadi tersendat seperti di Tugu Kujang, Air Mancur dan Pajajaran. Warga memakirkan kendaraannya di pinggir jalan membuat ruas jalan jadi menyempit.

"Macetnya parah sekali, terutama di titik yang bersinggungan dengan penumpukan aktivitas warga merayakan tahun baru. Tadinya terjebak di Lapang Sempur. Macet juga terjadi di Jalan A Yani menuju Air Mancur," kata Tyas (22) warga Menteng.

Pesta kembang api sangat meriah, setiap hotel, cafe, waralaba dan masyarakat menyalakan kembang api di area mereka masing-masing sehingga, ledakan kembang api terjadi bersahut-sahutan. 

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016