Jakarta (ANTARA News) - Tafisa Games atau festival olahraga rekreasi dunia  6-12 Oktober 2016 akan dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Tafisa Games 2016 Hayono Isman di Jakarta, Selasa.

Pemilihan Ancol sebagai venue utama dilakukan mengingat kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK) akan direnovasi untuk Asian Games 2018.

"Acara dipusatkan di Ancol sehingga bisa lebih efektif untuk penyelenggaraan dan keamanannya juga," kata Hayono yang juga menjabat sebagai ketua umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Acara pembukaan Tafisa Games 2016  juga batal dilangsungkan di GBK.

Panitia merencanakan pembukaan akan digelar di Stadion Patriot Bekasi, Jawa Barat. Pihak panitia juga menyiapkan Stadion Cibinong, Bogor, sebagai lokasi alternatif untuk acara pembukaan.

Festival olahraga rekreasi bertaraf internasional tersebut direncanakan akan diikuti oleh 110 negara peserta dari seluruh penjuru dunia. Lebih dari 12.000 peserta akan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Peserta yang sudah mendaftar berasal dari 52 negara dan tersebar dalam 36 kegiatan olahraga rekreasi masyarakat.

Beberapa kompetisi olahraga rekreasi yang akan digelar pada Tafisa Games 2016 di antaranya pencak silat, dansa, gateball, barongsai, layang-layang, cheerleader, olahraga tradisional anak-anak, dan lain-lain.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015