Jakarta (ANTARA News) - Google, bagian dari Alphabet Inc, tengah membuat aplikasi pesan mobile baru demi lebih bersaing dengan penyedia-penyedia jasa serupa yang menjadi rivalnya seperti yang ditawarkan Facebook Inc, lapor Wall Street Journal seperti dikutip Reuters.

Layanan baru ini akan diimbuhkan pada teknik kecerdasan artifisial, chatbot terintegrasi atau program software buatan Google yang menjawab pertanyaan, di dalam aplikasi pesan.

Chatbot singkatan dari "chatter robot" adalah program komputer yang dirancang untuk mensimulasi percakapan cerdas lewat metode teks.

Mengutip sumber yang mengetahui masalah ini, The Journal melaporkan bahwa aplikasi baru ini memungkinkan pengguna bisa mengirimkan teks kepada teman atau chatbot yang akan menjelajah Web dan sumber-sumber lain untuk informasi yang menjawab sebuah pertanyaan.

Belum jelas benar kapan layanan ini akan diluncurkan atau apa namanya.

Aplikasi-aplikasi pesan yang saat ini populer adalah WhatsApp dari Facebook, Messenger, dan WeChat dari Tencent Holdings Ltd, sedangkan Google memiliki layanan bernama Hangouts.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015