Samarinda (ANTARA News) - KONI Kalimantan Timur mengeluarkan dana sekitar Rp4 miliar untuk pemberian bonus kepada atlet dan pelatih yang telah berprestasi pada ajang SEA Games 2015 di Singapura dan Pra-PON 2015.

Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya di Samarinda, Sabtu, mengatakan bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi KONI Kaltim terhadap prestasi para atletnya, dan berharap bonus tersebut bisa menjadi motivasi skuad olahraga Kaltum dalam rangka persiapan menuju PON XIX 2016 di Bandung, Jawa Barat.

"Sekitar kurang lebih Rp4 miliar atau 80 persen untuk bonus Pra-PON dan sisanya untuk SEA Games," jelas Zuhdi, usai acara penyerahan bonus di halaman parkir KONI Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa.

Pada acara tersebut turut dihadiri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Ketua DPRD Kaltim M Syahrun, HS, sejumlah pejabat dan kepala Dinas di Kaltim dan Samarinda.

Gubernur Kaltim Awang Faroek mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi cukup memberikan perhatian pada olahragawan Kaltim yang berprestasi, dan berharap target lima besar yang dicanangkan KONI Kaltim pada PON 2016 bisa terpenuhi.

"Untuk bonus PON, tentu akan kita upayakan, yang pasti para atlet Kaltim harus berjuang maksimal meraih gelar juara,"jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kaltim, M Syahrun HS, mengatakan bahwa DPRD Kaltim akan memperjuangkan berbagai usulan KONI Kaltim terkait pendanaan untuk prestasi olahraga Kaltim.

"Untuk bonus yang diusulkan KONI Kaltim, kami dan teman-teman Dewan akan memperjuangkan, sepanjang dana kita ada,"jelasnya.

Sementara itu salah satu atlet taewondo Kaltim peraih emas pada SEA Games 2015 Singapura, Mariska Harlinda mengaku bahagia dengan bonus uang Rp 35 juta, plus rumah yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim.

" Tentu saya sangat senang, ini menjadikan semangat saya untuk tetap berlatih dan semoga pada PON 2016, saya bisa mempersembahkan emas untuk Kaltim,"jelasnya.

Pada SEA Games 2015 di Singapura, Kaltim ikut menyertakan sejumlah 17 atlet dan 3 pelatih dan menyumbangkan 5 emas, 3 perak dan 6 perunggu dalam pesta olahraga Negara Asia Tenggara tersebut.

Sedangkan di ajang Pra- PON 2015 Kaltim meloloskan 670 atlet meraih tiket PON 2016, dan berhasil membawa pulang prestasi berupa 75 emas, 78 perak, 81 perunggu, dalam ajang Pra- PON baik sekala Nasional maupun wilayah.

Nilai bonus untuk peraih emas SEA Games senilai Rp 35 juta ditambah rumah, perak 17,5juta dan perunggu Rp 8,7 juta.

Sedangkan peraih medali emas Pra-PON diberikan bonus senilai Rp 15 juta,perak Rp 7,5 juta dan perunggu Rp 5 juta

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015