Gorontalo (ANTARA News) - Pasangan calon Bupati-Calon Wakil Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga-Amin Haras untuk sementara unggul pada penghitungan suara Pilkada berdasarkan "entry" data formulir Model C1 telah ditetapkan KPPS melalui aplikasi Sistem Informasi Berbasis Teknologi (Situng).

"Namun data yang berdasarkan scan formulir Model C1 tersebut, bersifat sementara dan bukan hasil final, kesalahan yang terdapat pada formulir Model C1 diperbaiki pada rekapitulasi sesuai tingkatannya," kata Jimmy Mangempis, Anggota KPU Kabupaten Pohuwato Divisi Data Informasi dan Teknis, Kamis.

Ia menambahkan bahwa pihaknya sekitar pukul 23.47, Rabu (9/12) malam, telah selesai menginput data Formulir Model C1 yaitu 228 lembar sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Pohuwato, kemudian dimasukkan ke laman Sistem Informasi Berbasis Teknologi di website KPU.go.id.

Dari data terlampir pasangan nomor urut 1 Syarif Mbuinga-Amin Haras memperoleh 52.835 suara atau sekitar 66,87 persen, sementara pasangan nomor urut 2, Mulyadi Panigoro-Sarwan La Duhu, memperoleh 1.501 Suara atau sekitar 1,90 persen.

Kemudian pasangan nomor urut ,3 Salahudin Pakaya,-Burhan Mantulangi, memperoleh 24.670 suara atau sekitar 31,23 persen.

Data tampil pada aplikasi tersebut dari 13 Kecamatan se-Pohuwato, pasangan Syarif Mbuinga-Amin Haras memperoleh suarat terbanyak di semua kecamatan.

Pada data itu terlampir pengguna hak pilih yang menggunakan suaranya 79.015 suara dari 97.093 pemilih, sehingga persentase partisipasi pengguna hak pilih di kabupaen Pohuwato sekitar 81,38 persen.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015