Jakarta (ANTARA News) - Penasihat Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Djoko Udjianto meminta kepada Kepala Desa se-Indonesia yang tergabung dalam APDESI, khususnya di Kabupaten Pati, Jawa Tengah lebih aktif dan kreatif dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat disegala bidang.

Anggota Komisi IV DPR RI itu meminta APDESI lebih gigih melayani dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Kita harapkan jangan hanya dibentuk, tapi bagaimana peranan pengurus APDESI lebih dekat dengan rakyat. Berikan kenyamanan rakyat dalam hal pelayanan yang dilakukan APDESI, sehingga peranan APDESI betul-betul dirasakan masyarakat, Intinya sebagai Kepala Desa harus menjadi pengayom masyarakat," tegas Djoko Udjianto dalam rilis yang diterima ANTARA News, Jakarta, Sabtu.

Menurut Djoko, yang usai melantik pengurus APDESI Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sejak lahir UU Desa, mandat otonomi luas sudah diberikan kepada masyarakat desa untuk lebih aktif dan berperan dalam pembangunan. Karena itu, ia menghimbau sebagai Kepala Desa harus mempunyai tanggung jawab yang besar dalam melayani masyarakat.

"Seperti menjalankan kebijakan pembangunan dan kreatif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan menguntungkan pembangunan desa," kata Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI itu.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini juga meminta kepada pemerintah agar lebih memperhatikan Kepala Desa yang tergabung pada APDESI. Kepala Desa adalah ujung tombak pembangunan desa. Begitu juga mengenai dana desa yang diberikan pemerintah harus disalurkan dengan baik, sehingga tidak ada tumpang tindih dan ketidamerataan desa-desa yang menerimanya.

"Semua kita serahkan kepada pemerintah pusat bagaimana menjalankan peranan Kepala Desa, terpenting apa yang dilakukan berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada satu desa yang tertinggal lantaran ketidamerataan yang dilakukan pemerintah," demikian Djoko Udjianto.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015