Jakarta (ANTARA News) - Aktor Chiko Jericho (31) rupanya sangat menggemari komik. Bukan hanya komik asal luar negeri, Chiko juga penikmat komik-komik asal Tanah Air, itu sebabnya dia sangat menginginkan komik Indonesia untuk bangkit seperti era kejayaannya.

"Saya dari duku suka baca komik-komik DC, Marvel, komik-komik Jepang juga saya suka, saya suka semua komik," kata Chiko di Jakarta pada Jumat.

Chiko yang mengidolakan tokoh Clark Kent si manusia super, Superman itu mengaku juga gemar membaca komik Indonesia seperti Volt karya Marcelino Lefrandt dari studio komik Skylar Comics.

"Iya, saya juga suka komik Indonesia, salah satunya Volt, itu komik super hero gitu, keren banget. Saya optimis dengan kebangkitan komik Indonesia. Meski komik-komik Amerika jauh lebih duluan tapi kita pasti akan bangkit juga, step by step," katanya.

Sejarah kebangkitan komik Indonesia tak lepas dari era kejayaan komik dalam negeri dengan populernya komik-komik seperti "Gundala Putera Petir", "Si Buta dari Gua Hantu" dan "Panji Tengkorak" pada tahun 1970-an yang bahkan sempat diangkat ke layar lebar.

Akhir tahun 1990-an komik Indonesia mulai bangkit lagi, salah satunya dengan kemunculan "Legenda Sawung Kampret" karya Dwi Koen.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015