Makassar (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau pemasangan rel Kereta Api Trans Sulawesi tahap pertama Makassar - Parepare di Desa Lalalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Rabu.

"Masyarakat sudah lama berharap agar ada Kereta Api, kita usahakan itu dari Makassar sampai Manado," kata Ignasius di sela peninjauan tersebut.

Untuk tahap pertama, kata dia, akan dibangun rel sepanjang 165 km dari Kota Makassar ke Kota Parepare.

Pihaknya berharap bahan rel kereta api impor sepanjang 145 km dapat didatangkan hingga akhir Desember mendatang.

"Sekarang ini sekitar 2 km (rel yang terpasang), minggu depan bisa 5 km, cepat kok kalau relnya sudah ada," ucapnya.

Meski tidak mengetahui secara pasti anggaran yang diperlukan untuk pembangunan proyek ini, pihaknya berharap anggaran yang dibutuhkan akan tersedia.

"Mestinya cukup," ujarnya singkat.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menyatakan komitmen politik terkait kebijakan anggaran untuk mendukung pembangunan dan penyelesaian mega proyek Kereta Api (KA) Trans Sulawesi.

"Komisi V akan mendukung, kalau progresnya bagus, tidak ada masalah lahan, Komisi V memberikan komitmen politik untuk menyelesaikan Kereta Api ini," kata Fary.

Peninjauan ini juga diikuti oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Presiden Jokowi juga direncanakan akan melakukan peninjauan di lokasi pemasangan rel kereta api ini pada pekan depan.

Pewarta: Nurhaya J Panga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015