Jakarta (ANTARA News) - PT Astra International Tbk merotasi perwakilannya dalam manajemen puncak di PT Toyota Astra Motor mulai 16 November 2015.

Chief Marketing Officer (CMO) Auto 2000 Henry Tanoto menggantikan Suparno Djasmin sebagai Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menduduki posisi tersebut sejak April 2014.

"Ini merupakan rotasi biasa," kata Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman kepada Antaranews, di Jakarta, Selasa. Ia juga menegaskan pergantian kepemimpinan di anak perusahaan distributor otomotif terbesar itu tidak ada kaitannya dengan RUPS Astra kemarin (16/11).

"RUPS soal peraturan OJK dan perubahan AD/ART," ujarnya.

Pergantian kepemimpinan di TAM diakuinya dibahas dan diputuskan dalam RUPS internal anak perusahaan. Astra Internasional memiliki saham 51 persen pada perusahaan agen pemegang merek Toyota itu. "Rencananya sih akan diumumkan nanti, setelah mereka (pimpinan TAM) kembali dari Jepang," ujar Yulian.

RUPS internal TAM yang memutuskan pergantian di jajaran pimpinannya terjadi pada Agustus 2015, namun baru efektif berlaku 16 November. Henry Tanoto yang mengganti Suparno Djasmin atau biasa disapa Abong bukanlah orang baru bagi TAM. Sebelum mendapat penugasan menangani marketing Auto2000 yang merupakan dealer utama Toyota (anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk), Henry Tanoto menjabat sebagai GM Sales & Marketing Planning TAM.

Henry akan mendamping Presdir TAM Hiroyuki Fukui untuk memimpin perusahaan distributor utama Toyota di Indonesia itu. Sedangkan Abong yang sebelumnya juga menjadi salah satu Direktur PT Astra Internasional Tbk yang menangani bisnis otomotif, beralih menjadi Direktur Astra yang menangani bidang jasa keuangan. Sementara bidang otomotif ditangani Joko Pranoto.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015