Milan, Italia (ANTARA News) - Data industri yang dirilis pada Selasa waktu Italia memperlihatkan penjualan dan pangsa pasar mobil-mobil keluaran Volkswagen di Eropa pada Oktober 2015 mengalami kemerosotan dan kian tergerogoti dampak skandal kecurangan uji emisi pabrikan asal Jerman tersebut di tengah pertumbuhan pasar secara keseluruhan.

Jumlah kendaraan penumpang baru yang didaftarkan di Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa dan Uni Eropa tercatat sebanyak 1,14 juta unit atau meningkat sebessr 2,7 persen pada Oktober 2014 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, demikian seturut Asosiasi Industri Mobil Eropa (ACEA) yang bermarkas di Brussels, Belgia.

Pertumbuhan itu berlangsung selama 26 bulan di wilayah tersebut namun sedikit lebih kecil kisarannya dibandingkan September 2015, meskipun data Oktober 2015 memiliki selisih satu hari kerja dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, penjualan grup VW, sebagai pabrikan terbesar Eropa, pada Oktober 2015 turun sebanyak 0,8 persen, sementara pangsa pasar mereka merosot menjadi 25,2 persen dibandingkan 26,1 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Merek-merek milik VW yang menyasar pasar otomotif reguler mengalami penurunan penjualan pada Oktober 2015, termasuk SEAT sebanyak 11,2 persen, Skoda sebanyak 2,9 persen dan VW sendiri turun 0,4 persen.

Sementara, untuk merek premium seperti Audi dan Prosche masih membukukan pertumbuhan positif dengan penjualan masing-masing naik 3,5 persen dan 13,3 persen.

Mengingat pengiriman mobil biasanya baru dilakukan dalam beberapa pekan selepas keputusan pembelian, dampak besar skandal yang dimulai pada pengakuan kecurangan uji emisi mesin diesel VW pada 18 September 2015 lalu, diprakirakan bakal kian nyata pada postur penjualan November 2015.

Namun penurunan penjualan VW pada Oktober kontras dengan kenaikan 8,3 persen pada September.

Pertumbuhan pasar Eropa pada Oktober sebagian besar didorong oleh pabrikan Jerman seperti Daimler dan BMW yang masing-masing penjualannya naik 20,9 persen dan 12,8 persen serta Fiat Chrysler Automobiles yang penjualannya disokong Jeep Renegade dan Fiat 500X.

Pabrikan Prancis PSA Peugeot Citroen dan Renault justru mengalami perlambatan penjualan pada Oktober, masing-masing 1,5 persen dan 0,4 persen.

Pada Oktober semua pasar otomotif tiap-tiap negara Eropa juga mengalami peningkatan penjualan kecuali Inggris, yang turun 1,1 persen.

Di antara lima besar pasar otomotif utama Eropa, Italia mencatatkan peningkatan penjualan terbesar 8,6 persen, diikuti Spanyol dengan 5,2 persen.

ACEA menyebutkan sepanjang Januari-Oktober 2015 pendaftaran mobil baru di Eropa tercatat sebanyak 11,93 juta unit atau meningkat sebesar 8,2 persen dibandingkan periode ya sama tahun lalu, demikian Reuters.

Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015