San Francisco (ANTARA News) - Google setengah bercanda memposting sebuah foto polisi yang menepikan sepeda motornya untuk menilang mobil kemudi otomatis produksi raksasa mesin pencari itu, Kamis waktu AS, dengan alasan berjalan pada kecepatan yang mengkhawatirkan.

"Berkendara terlalu pelan?" tanya tim mobil kemudi otomatis kepada diri mereka sendiri. Kalimat ini dibarengi dengan sebuah foto pada laman jejaring sosial Google+. "Taruhan, manusia tidak akan terlalu sering menepi."

Polisi di kota asal kelahiran Google, Mountain View di Lembah Silikon, menjelaskan lewat posting online bahwa petugasnya mendekati mobil kemudi otomatis itu karena melaju dalam kecepatan 24 mil per jam (39 km per jam) di jalan raya yang memiliki batas kecepatan minimal 35 mil per jam (56 km per jam).

"Begitu sang petugas mendekati mobil berjalan pelan ini dia baru sadar itu adalah Kendaraan Mandiri Google," kata polisi.  "Dalam kasus ini, adalah sah kendaraan yang melaju di jalan itu."

Hukum California membolehkan kendaraan kemudi otomatis (mobil mandiri) beroperasi di jalan raya pada kecepatan di bawah 56 km per jam.

Polisi mengatakan bahwa si petugas penilang tidak berbicara kepada pemilik mobil menyangkut pelanggaran berlalulintas ini.

Google menetapkan kecepatan mobil mandirinya ini berkecepatan 25 mil per jam (40 km per jam) dengan alasan keselamatan.

"Kami ingin membuatnya terasa bersahabat dan dekat, ketimbang meraung menakutkan mengarungi jalan-jalan sekitar," kata Google.

"Setelah 1,2 juta mil (1,9 juta km) melaju secara mandiri (setara dengan 90 tahun manusia berkendara), kami dengan bangga mengatakan kami tidak pernah ditilang!"
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015